Skip to main content

Tentukan Pilihan Bisnis, Fokus, dan Bela Mati-matian

Kemarin saya mendapat telepon dari seorang teman yang ingin berkonsultasi dengan saya. Ia ditawari bergabung menjadi agen asuransi di sebuah perusahaan ternama. Ia minta pendapat saya, apakah peluang ini harus diambil atau tidak.

Masalahnya, dalam beberapa bulan terakhir ini ia selalu minta pendapat saya mengenai jenis usaha yang berbeda-beda. Sebelumnya ia minta pendapat mengenai bisnis jilbab, distributor alat pembersih rumah tangga dan batik.

Dalam beberapa bulan ini dia masih bingung dan belum menentukan bisnis mana yang akan dipilih dan ditekuninya.

Saya katakan kepadanya, supaya segera menentukan pilihan, fokus dan konsisten dengan pilihannya. Apa pun yang terjadi pilihan itu harus pertahankan dengan mati-matian. Jangan gampang tergoda untuk "pindah ke lain hati".

Saya berbisnis di bidang fashion garment. Meski pun analisis makro sering bernada negatif mengenai industri ini, saya tidak bergeming. Saya akan tetap di bisnis ini. Ini adalah periuk nasi saya. Saya akan bela mati-matian.

Tentu, kita jangan juga bersikap naif. Maksudnya, membela mati-matian bisnis yang memang sudah tidak ada lagi "cuan" atau keuntungannya.

Ada bisnis yang memang sudah jenuh atau sunset business. Contohnya, bisnis alat penyetara (pager) yang sudah mati ditelan oleh hand phone. Atau bisnis ISP konvensional yang sekarang ini dikuasai oleh pemain-pemain besar.

Teddy P. Rachmat menetapkan kriteria sederhana dalam memilih bisnis:

Pertama, bisnis itu harus ada pasarnya. Ya, kalau tidak ada pasarnya mau dijual ke mana?

Kedua, bisnis itu harus ada profitnya. Pastilah. Kalau tidak ada profitnya, itu namanya kerja sosial.

Ketiga, bisnis itu harus bisa ditinggal alias bisa berjalan tanpa kehadiran kita. Biar segede apa pun bisnisnya, tapi si owner masih terus nongkrongin setiap hari, itu bukanlah bisnis ideal.

Nah, setelah bisnis kita memenuhi kriteria itu, barulah fokus, bela mati-matian pilihan itu. What ever it takes.

Ketika saya memilih terjun di bisnis fashion busana muslim, dasar pemikirannnya sederhana sekali. Saya melihat banyak pemain bisnis ini yang kaya. Ada yang punya rumah mewah, berkolam renang,mobil keren dan mampu menyekolahkan anaknya ke luar negeri.

Sedangkan bisnis yang saya tekuni sebelum itu, pemainnya rata-rata masih kere. Mobilnya paling keren cuma Panther tua. Wah, ini nggak beres, pikir saya. Saya berada di jalur menuju kaya yang salah. Dengan segera saya switch bisnis saya ke busana muslim. Apa lagi bisnis sebelumnya itu sudah masuk tahap sunset.

Bagaimana kalau gagal? Coba lihat kiri kanan. Bagaimana dengan pebisnis lain di industri yang sama? Kalau mereka banyak yang sukses, berarti masalahnya ada di kita, bukan bisnisnya.

Ada ungkapan "one who can not dance put the blame on the floor", menyalahkan keadaan, menyalahkan kondisi yang tidak kondusif. Kita jangan seperti itulah.

Be responsibe. Take ownership terhadap bisnis kita. Ownership berasal dari kata own a ship, pemilik kapal (bisnis). Kita adalah pemilik dan nakhoda dari bisnis kita. Kita harus bertanggung jawab sepenuhnya dengan kapal kita.

So bagi pembaca yang masih bingung menentukan bisnis apa yang akan ditekuni. Pakailah kriteria itu. Kalau sudah ada pilihan, fokuslah, jangan menengok kiri kanan lagi. Jangan tergoda dengan "rumput tetangga yang lebih hijau".

Setiap bisnis pasti ada kendalanya. Saya menyebutnya "critical point". Taklukkan dan kuasailah critical point itu. Di bisnis saya misalnya, critical pointnya adalah kreativitas, supply chain management dan services. Kalau saya sudah menguasai ketiga hal itu, saya bisa dikatakan sudah maestro di bisnis ini.

Brian Tracy bilang, kalau kita fokus dan serius dalam satu bidang selama 2 tahun saja, kita bisa menjadi master di bidang itu.

Kalau masih bingung juga menentukan pilihan, kapan mau jadi master? Ingat, waktu adalah aset kita yang paling berharga. Jangan dibuang-buang. Dia tidak akan pernah kembali.

Salam FUUUNtastic!
Wassalam,

Roni, Owner Manet Busana Muslim, Founder Komunitas TDA

Comments

Popular posts from this blog

Speechelo Review 2020 Beware Before You SignUp

  What is speechelo ? Speechelo is a new text to speech software, this software uses the artificial intelligence (A.I) to transform any text into an audio speech. Speechelo is not the only software that provides this service, many other software are designed to turn a text into speech but many of them have many defects such as the decreased number of voices, the low quality of the audio, a limitation of use, voices may sound very robotic, Etc… Blastersuite, the vendor of Speechelo, said that their product is the best text to speech software in the market and that’s why I’ve decided to test the product and see if they are right. After two weeks of use and test, Here’s my speechelo review:

How Make Animation Video 2D Explainer

Online video, should you have or not? Well, clearly and concisely, yes! You definitely should. And it really doesn't matter if you're a freelancer, small business or multinational corporate. And let me tell you why in a video, because people love them. Now, let me explain this. Basically, there are just two major steps in every business, attraction and conversion you need to attract a visitor and convert them into a paying customer. That's it, and with videos you can significantly help with both steps. Let's start with the attraction, imagine that an online visitor comes across your site.  There's plenty of text and images explaining what you do and how great your products or services are, but that's really not the way to grab the visitors attention. After reading for one or two minutes, they will simply leave the site bored and you've lost the potential customer forever. Now let's assume that instead of the boring text, you've got a one or two minut...

Explainer Videos How to Make Your Own

Today we'll be covering everything there is to know about explainer videos, from types of explainer videos, to explainer video examples, to tips for making a stellar explainer video that will jumpstart conversion rates. Ready to see why explainer videos are a must-have for any startup business? Let's get started! What is an explainer video? Explainer videos are short online marketing videos used to explain your company’s product or service. Explainer videos are often placed on a landing page, your website’s home page, or a prominent product page. These types of videos have become extremely popular – some sites boast of conversion rates increasing by as much as 144% after including an explainer video on their website. There’s no arguing that online videos are fantastic assets for a business. The question is – how do you get your own explainer video? Today we’ll be looking at: The best explainer videos on the web and why they work Why explainer videos are good for business The di...