Skip to main content

3 Bulan

Walau terasa masih jauh dari harapan, tetap saja saya merasa bangga karena telah berani membuka sebuah usaha dengan modal yang dibilang kurang memadai. Mengapa? Karena uang modal (sedikit tabungan + utangan) hanya cukup untuk sewa tempat sedangkan untuk stok barang belum mampu saya beli. Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini (modal, red) saya sudah lakukan berbagai cara, mulai dari menawarkan kerja sama ke Mailing List yang saya ikuti, beberapa orang kenalan, sampai iklan di koran. Tetapi hasilnya belum ada yang take action, kalau yang cuma tanya2 sih waduh jumlahnya sudah tidak terhitung kali. Tetapi saya selalu diingatkan oleh sebuah nasihat bahwa manusia hanya bisa berencena dan berusaha dengan sungguh-sungguh soal hasilnya biarlah Allah SWT yang tetapkan.

Untuk menjadi seorang Entrepreneur sukses sih katanya akan banyak sekali hambatan dan rintangan yang harus dilalui. Dan kadang-kadang semua hambatan dan rintangan itu akan membuat seorang pengusaha jadi prustasi dan muntah darah (pusing kali karena uang hasil usahanya yang baru bisa dikumpalkan cuman recehan he..he..he). Tetapi saya selalu terngiang dengan ucapan mentor saya di EU ( Entrepreneur University ) bahwa kalau ingin jadi orang yang sukses harus mengerjakan rumus wajib Pengusaha Sukses. Adapun rumus yang dimaksud adalah 5A yang artinya: Action Action Action Action and Action.

Dalam perjalanannya sampai sekarang ini ada hal-hal positif yang mungkin tidak akan didapat sewaktu saya menjadi karyawan. Terutama untuk perkembangan mental terasa sangat jauh berbeda saat menjadi karyawan dulu.

Kadang dalam mengarungi dunia usaha ini tidak selalu mulus dan semangat 45 ( on fire ), sekali - kali suka down juga. Apalagi ketika melihat keadaan bahwa dalam seharian nungguin toko yang mampir hanya debu2 jalanan saja. Untuk mengatasi semua itu harus ada motivasi kuat dari dalam diri sendiri, misalnya aja ingin membahagiakan orang-orang yang kita sayangi, bisa orang tua, anak, istri, asal jangan istri orang aja.. he he

Modal utama pengusaha bukanlah uang atau koneksi, melainkan kreativitas dan keuletan, dan semangat pantang menyerah. Banyak peneliatian yang mengungkapkan, lebih dari separo wirausaha rontok sebelum mencapai usia 3 tahun. Ada banyak alasannya, termasuk kehabisan modal. Akan tetapi faktor yang sesungguhnya, adalah faktor kehabisan semangat dan kreativitas. Mereka yang memiliki semangat pantang menyerah memandang kegagalan hanyalah kerhasilan yang tertunda. Meski terantuk dan jatuh, mereka akan kembali bangkit dengan gagah.

Yuk Semangat!!!

PS:
Njenengan butuh IT Solution ( Hardware, Software, dan Jaringan) mampir saja ke http://rodamasbisnis.com

Comments

Popular posts from this blog

Terobsesi Go International dengan Dawet Cah Mbanjar

Sukses mengembangkan usaha es dawet yang kini berjumlah lebih dari 220 gerobak dan beromzet Rp100 juta per bulan, pemilik gerai Dawet Cah Mbanjar, Hafiz Khairul Rijal terobsesi go international dengan bisnis minuman tradisional tersebut. Berwirausahanya sepertinya sudah menjadi takdir bagi Hafiz. Ketika menjadi mahasiswa Teknik Industri Universitas Sumatera Utara (USU), tahun 2002, Hafiz sudah merintis jadi wirausahawan. Pelbagai macam usaha ia lakoni, total ada 10 jenis, mulai dari laundry, katering, jualan ayam bakar, mie, kue lupis, hingga parfum dan handphone. Tapi, semuanya gagal. Hafiz pun menjajal berjualan dawet. Ia bercerita, ide berbisnis dawet muncul saat bertemu tukang dawet yang mangkal di daerah Sukarame, Medan. Saat itu, Hafiz sekedar iseng bertanya omzet penjualan. Karena tergiur oleh cerita si penjual, ia segera mendatangi juragan dawet agar bisa bergabung. Pembuat es dawet setuju untuk memasok bahan baku dan menyewakan gerobak kepada Hafiz. Meski rugi di bulan pertama...

Bagaimana Cara Mempopulerkan Toko Online ?

Memperkenalkan toko online penting untuk meningkatkan pengetahuan konsumen tentang merek bisnis apa yang Anda miliki. Yang perlu dipikirkan adalah bagaimana membuat merek bisnis Kita lebih menonjol dibanding merek kompetitor, salah satunya dengan cara membuat merek bisnis kita bisa tersebar di dunia maya. Penyebaran merek bisnis di media online dipengaruhi oleh tingkat popularitas bisnis tersebut di kalangan konsumen online. Semakin populer nama sebuah toko online, semakin mudah pembeli menemukan merek bisnis dari toko online tersebut. Apa saja sarana yang dapat digunakan untuk mendongkrak popularitas sebuah toko online, berikut disini akan disampaikan beberapa solusinya : 1) BLOG Blog adalah media di mana Anda bisa mengurangi semangat berjualan Anda dan mengedepankan konten yang bermanfaat bagi konsumen. Melalui blog, Anda dapat menuliskan hal-hal yang menarik, unik, menghibur, dan berguna bagi pembeli. Tulislah hal-hal yang tidak melulu mempromosikan produk Anda, melainkan ...

How Make Animation Video 2D Explainer

Online video, should you have or not? Well, clearly and concisely, yes! You definitely should. And it really doesn't matter if you're a freelancer, small business or multinational corporate. And let me tell you why in a video, because people love them. Now, let me explain this. Basically, there are just two major steps in every business, attraction and conversion you need to attract a visitor and convert them into a paying customer. That's it, and with videos you can significantly help with both steps. Let's start with the attraction, imagine that an online visitor comes across your site.  There's plenty of text and images explaining what you do and how great your products or services are, but that's really not the way to grab the visitors attention. After reading for one or two minutes, they will simply leave the site bored and you've lost the potential customer forever. Now let's assume that instead of the boring text, you've got a one or two minut...