Skip to main content

5 KUALITAS HEBAT YANG MENSUKSESKAN

Sukses menjadi topik yang banyak dibicarakan manusia modern. Maka berbagai
buku, seminar, training, workshop dibuat untuk membantu kita meraih suskes.
Dari berbagai buku, seminar, training, workshop dan pengalaman saya sendiri,
saya menyimpulkan ada lima kualitas hebat yang menghantarkan siapapun pada
kesuksesan.

*Lima kualitas tersebut yaitu:*
1. Opportunity Maker (Pembuat Peluang)
2. Risk Taker (Pengambil Resiko)
3. Problem Lover (Pencinta Masalah)
4. Team Work Player (Pekerja Tim)
5. Competition Winner (Pemenang Kompetisi)

Mari kita bahas satu per satu.

1. Opportunity Maker (Pembuat Peluang)
Sukses diawali oleh peluang. Itu sebab mengapa peluang menjadi penting. Tak
ada peluang, tak ada kesuksesan. Bila anda merasa tak punya peluang untuk
sukses, maka anda benar. Anda tak bisa sukses.

Opportunity maker adalah kualitas anda yang bisa menciptakan peluang. Anda
tidak menunggu peluang datang. Anda mencarinya. Anda bahkan menciptakannya.
Maka kejelian melihat situasi dan kondisi, baik yang dekat maupun yang jauh,
menjadi faktor penting. Apapun yang anda ketahui bisa menjadi peluang.

Orang baik adalah peluang. Demikian pula orang tidak baik. Situasi aman
adalah peluang. Sama dengan dengan situasi bahaya. Kekayaan dan kemiskinan,
keduanya adalah peluang. Orang Baduy yang tak menggunakan sepatu adalah
peluang besar industri sepatu. Orang Jakarta yang telah bersepatu juga
peluang besar industri sepatu. Maka bukan situasi dan kondisinya yang
menentukan, tapi bagaimana anda melihat bagian dari situasi dan kondisi itu
yang bisa dijadikan peluang bagi kemajuan anda.

2. Risk Taker (Pengambil Resiko)
Kualitas ini menjadi penting agar peluang yang telah ada benar-benar bisa
dimanfaatkan dan memberikan keuntungan nyata bagi anda. Kenapa? Karena
dibalik setiap peluang ada resiko. Maka hanya bagi anda yang siap menerima
resiko lah yang layak mendapat keuntungan dari peluang tersebut.

Resiko adalah potensi terjadinya masalah, hambatan dan kegagalan. Anda bisa
masuk ke Baduy untuk jualan sepatu. Peluangnya besar. Tapi resikonya pun
besar. Anda harus mengedukasi orang Baduy untuk menggunakan sepatu. Hanya
anda yang mau mendidik orang Baduy untuk menggunakan sepatu, yang layak atas
peluang bisnis sepatu bagi orang Baduy yang tadinya tak menggunakan sepatu.
Anda bisa juga jual sepatu di Jakarta. Maka anda harus siap bersaing dengan
pebisnis lainnya. Hanya anda yang siap bersaing yang bisa jualan sepatu di
Jakarta.

3. Problem Lover (Pencinta Masalah)
Peluang sudah ada. Kesediaan dan kesiapan menanggung resiko telah OK. Maka
ketika resiko itu telah benar-benar terjadi, anda harus menjadi pencinta
masalah. Anda tidak menghindari masalah. Anda tidak sekedar menyelesaikan
masalah. Anda mencintai masalah. Anda sadar bahwa masalah adalah pemungkin
kesuksesan anda. Anda yakin atas satu hal : “My problem is so big, but it
never big enough to stop me” . Maka anda selalu menjadi manusia yang lebih
besar dari masalah yang anda hadapi. Masalah tidak membuat stress. Masalah
justru membuat anda bersemangat luar biasa. Masalah tidak menakutkan bagi
anda. Anda akan merasa tertantang untuk selalu menghadapi masalah yang
membesar dari waktu ke waktu.

4. Team Work Player (Pekerja Tim)
Anda manusia hebat. Bukan karena anda bisa mengerjakan semua hal. Tapi
karena anda bisa bekerja sama dengan orang lain. Kualitas sebagai team work
player sangat penting bila anda ingin sukses dalam waktu yang cepat. Masalah
yang terjadi bisa diselesaikan lebih cepat karena diselesaikan secara tim.
Anggota tim hanya menyelesaikan bagian masalah yang menjadi keahliannya.

Berjuang mencapai sukses sendirian sebuah pilihan tragis. Waktu yang
dibutuhkan sangat lama. Dalam rentang waktu yang lama itu, begitu banyak
tekanan, masalah, kesedihan, dan kegagalan yang menggoda untuk berhenti
berusaha. Dan ketika sukses itu diraih, anda tak punya waktu lagi untuk
menikmati kesuksesan yang anda perjuangkan itu. Tragis bukan?

Karenanya jadilah team work player. Jadilah hebat di satu atau beberapa
bidang saja. Serahkan bidang-bidang lain pada orang-orang yang anda percayai
dan memang hebat di bidang itu. Maka kemajuan pun diusahakan bersama. Anda
pun bisa menikmati kesuksesan bersama-sama dengan teman-teman anda. Dan itu
lebih nikmat dibanding menikmati sukses sendirian.

5. Competition Winner (Pemenang Kompetisi)
Persaingan adalah keniscayaan. Anda senantiasa bersaing dalam meraih sukses.
Maka hanya bagi anda yang siap bersaing lah yang layak meraih sukses. Bila
anda tak bersedia bersaing, anda tak layak untuk sukses.

Thanks,
Cak Mun batam

sumber dari:
http://buyanur.com/2010/11/22/inspirasi-islam-5-kualitas-hebat-yang-mensukseskan/

Comments

Popular posts from this blog

Terobsesi Go International dengan Dawet Cah Mbanjar

Sukses mengembangkan usaha es dawet yang kini berjumlah lebih dari 220 gerobak dan beromzet Rp100 juta per bulan, pemilik gerai Dawet Cah Mbanjar, Hafiz Khairul Rijal terobsesi go international dengan bisnis minuman tradisional tersebut. Berwirausahanya sepertinya sudah menjadi takdir bagi Hafiz. Ketika menjadi mahasiswa Teknik Industri Universitas Sumatera Utara (USU), tahun 2002, Hafiz sudah merintis jadi wirausahawan. Pelbagai macam usaha ia lakoni, total ada 10 jenis, mulai dari laundry, katering, jualan ayam bakar, mie, kue lupis, hingga parfum dan handphone. Tapi, semuanya gagal. Hafiz pun menjajal berjualan dawet. Ia bercerita, ide berbisnis dawet muncul saat bertemu tukang dawet yang mangkal di daerah Sukarame, Medan. Saat itu, Hafiz sekedar iseng bertanya omzet penjualan. Karena tergiur oleh cerita si penjual, ia segera mendatangi juragan dawet agar bisa bergabung. Pembuat es dawet setuju untuk memasok bahan baku dan menyewakan gerobak kepada Hafiz. Meski rugi di bulan pertama...

Bagaimana Cara Mempopulerkan Toko Online ?

Memperkenalkan toko online penting untuk meningkatkan pengetahuan konsumen tentang merek bisnis apa yang Anda miliki. Yang perlu dipikirkan adalah bagaimana membuat merek bisnis Kita lebih menonjol dibanding merek kompetitor, salah satunya dengan cara membuat merek bisnis kita bisa tersebar di dunia maya. Penyebaran merek bisnis di media online dipengaruhi oleh tingkat popularitas bisnis tersebut di kalangan konsumen online. Semakin populer nama sebuah toko online, semakin mudah pembeli menemukan merek bisnis dari toko online tersebut. Apa saja sarana yang dapat digunakan untuk mendongkrak popularitas sebuah toko online, berikut disini akan disampaikan beberapa solusinya : 1) BLOG Blog adalah media di mana Anda bisa mengurangi semangat berjualan Anda dan mengedepankan konten yang bermanfaat bagi konsumen. Melalui blog, Anda dapat menuliskan hal-hal yang menarik, unik, menghibur, dan berguna bagi pembeli. Tulislah hal-hal yang tidak melulu mempromosikan produk Anda, melainkan ...

How Make Animation Video 2D Explainer

Online video, should you have or not? Well, clearly and concisely, yes! You definitely should. And it really doesn't matter if you're a freelancer, small business or multinational corporate. And let me tell you why in a video, because people love them. Now, let me explain this. Basically, there are just two major steps in every business, attraction and conversion you need to attract a visitor and convert them into a paying customer. That's it, and with videos you can significantly help with both steps. Let's start with the attraction, imagine that an online visitor comes across your site.  There's plenty of text and images explaining what you do and how great your products or services are, but that's really not the way to grab the visitors attention. After reading for one or two minutes, they will simply leave the site bored and you've lost the potential customer forever. Now let's assume that instead of the boring text, you've got a one or two minut...